Supervisi Pelatihan Survei Ekonomi Pertanian (SEP) 2024 - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Jakarta Barat

BPS Kota Jakarta Barat tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. #TOLAKGRATIFIKASI

Butuh Data Statistik yang ada di BPS? silahkan isi link ini: http://s.bps.go.id/tanyaPSTJB

Kini hadir Aplikasi JELITA untuk mempermudah anda mencari data dan literasi statistik. Silakan unduh di sini

Supervisi Pelatihan Survei Ekonomi Pertanian (SEP) 2024

Supervisi Pelatihan Survei Ekonomi Pertanian (SEP) 2024

30 Mei 2024 | Kegiatan Statistik


Kamis (30/05), BPS Provinsi DKI Jakarta melakukan Supervisi Pelatihan Survei Ekonomi Pertanian (SEP) serentak ke seluruh BPS Kab/Kota di Wilayah Provinsi DKI Jakarta untuk memastikan dan menyampaikan ke petugas lapangan beberapa poin yang harus diperhatikan pada kegiatan Survei Ekonomi Pertanian (SEP).

Heryanah, selaku supervisor pelatihan SEP yang mewakili BPS Provinsi DKI Jakarta, mendampingi pelaksanaan pelatihan SEP hari ke-4 di BPS Kota Jakarta Barat.

Pada kegiatan supervisi pelatihan SEP ditekankan terkait Lembar Kerja (LK) SEP-UTP (Usaha Pertanian Perorangan) untuk membantu pendataan di lapangan. LK tersebut tidak wajib terisi tetapi bisa digunakan untuk probing kepada responden terkait rincian pengeluaran menurut komoditas maupun pengeluaran konsumsi rumah tangga pertanian.

Beberapa poin penting yang diobservasi pada pelatihan SEP, yaitu memastikan semua petugas sudah dapat menggunakan aplikasi FASIH Mobile dengan Survei Pelatihan Petugas SEP, memastikan proses role playing (uji coba pencacahan) berjalan lancar dan petugas bertanya kepada responden sesuai dengan alur pertanyaan yang ada, dan poin terakhir yaitu memastikan semua petugas dapat melakukan submit data, dan pengawas dapat melakukan pemeriksaan terhadap isian data di aplikasi FASIH mobile.

Survei Ekonomi Pertanian (SEP) 2024 merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Sensus Pertanian 2023 (ST 2023) yang dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia. SEP merupakan salah satu survei lanjutan setelah dilakukan pencacahan lengkap ST2023.

Tujuan utama dari SEP 2024 adalah untuk memperoleh data aspek ekonomi dari unit usaha pertanian, meliputi pendapatan, pengeluaran, struktur ongkos, serta indikator tingkat kesejahteraan dari unit usaha pertanian. Data yang diperoleh dari SEP 2024 akan menjadi bahan penting untuk penyusunan kebijakan pembangunan di bidang pertanian dan penyediaan data statistik yang berkualitas bagi para pengguna data.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Adm Jakarta Barat (BPS-Statistics of Jakarta Barat Municipality)Jl. Raya Kebayoran Lama No. 5A Sukabumi Selatan Kebun Jeruk Jakarta Barat 11550

Telp : (021) 25673776 Email : bps3174@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik