Pelatihan Calon Instruktur Daerah Survei Ekonomi Pertanian (SEP) 2024 - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Jakarta Barat

BPS Kota Jakarta Barat tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. #TOLAKGRATIFIKASI

Butuh Data Statistik yang ada di BPS? silahkan isi link ini: http://s.bps.go.id/tanyaPSTJB

Kini hadir Aplikasi JELITA untuk mempermudah anda mencari data dan literasi statistik. Silakan unduh di sini

Pelatihan Calon Instruktur Daerah Survei Ekonomi Pertanian (SEP) 2024

Pelatihan Calon Instruktur Daerah Survei Ekonomi Pertanian (SEP) 2024

23 Mei 2024 | Kegiatan Statistik


BPS RI melaksanakan Pelatihan daring Instruktur Daerah Survei Ekonomi Pertanian serentak di Seluruh Indonesia mulai tanggal 20 - 23 Mei 2024 . Pelatihan ini dibagi ke dalam beberapa kelas, yakni kelas Calon Inda Usaha Pertanian Perorangan (UTP) berbasis Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI) dan kelas Calon Inda UTP berbasis kuesioner / Paper Assisted Personal Interviewing (PAPI).

Adapun dalam pelatihan tersebut, calon Inda BPS Kota Jakarta Barat tergabung dalam grup UTP CAPI 1 yang terdiri atas BPS se- Pulau Jawa dan Sumatera, serta BPS di Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah yang menggunakan moda CAPI dalam pendataan SEP.

Dalam kelas tersebut terdapat 3 fasilitator dari BPS RI yang menyampaikan materi pelatihan, yakni Statistisi Ahli Muda Direktorat Statistik Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan, Ika Wirawati, Pranata Komputer Ahli Pertama Direktorat Sistem Informasi Statistik, Nur Azizah Widowati, dan Statistisi Ahli Pertama Direktorat Pengembangan Metodologi Sensus dan Survei, Rizka Amalia Farentina.

SEP 2024 merupakan kelanjutan dari kegiatan Sensus Pertanian yang sebelumnya dilaksanakan tahun 2023. Kegiatan SEP dilakukan untuk memperoleh informasi tentang aspek ekonomi dari unit usaha pertanian yang meliputi informasi pendapatan, pengeluaran, dan karakteristik usaha pertanian.

Pelatihan Inda bertujuan untuk menghasilkan Calon Instruktur SEP yang kompeten dan siap untuk mengajarkan materi kepada petugas lapangan. Oleh karena itu, proses pembelajaran dalam kegiatan ini tidak hanya meliputi proses penjabaran materi saja tetapi juga memberikan evaluasi hasil belajar setelah kegiatan pembelajaran berakhir agar calon inda dapat menguasai materi secara maksimal.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Adm Jakarta Barat (BPS-Statistics of Jakarta Barat Municipality)Jl. Raya Kebayoran Lama No. 5A Sukabumi Selatan Kebun Jeruk Jakarta Barat 11550

Telp : (021) 25673776 Email : bps3174@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik