Pelatihan Petugas Lapangan Survei Prilaku Anti Korupsi (SPAK) - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Jakarta Barat

BPS Kota Jakarta Barat tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. #TOLAKGRATIFIKASI

Butuh Data Statistik yang ada di BPS? silahkan isi link ini: http://s.bps.go.id/tanyaPSTJB

Kini hadir Aplikasi JELITA untuk mempermudah anda mencari data dan literasi statistik. Silakan unduh di sini

Pelatihan Petugas Lapangan Survei Prilaku Anti Korupsi (SPAK)

Pelatihan Petugas Lapangan Survei Prilaku Anti Korupsi (SPAK)

19 April 2024 | Kegiatan Statistik


Jumat (19/04) Pelatihan Petugas lapangan SPAK

Pada tahun 2024, Badan Pusat Statistik kembali melaksanakan Survei Prilaku Anti Korupsi (SPAK). Survei SPAK yang telah dilaksanakan sejak tahun 2012 ini mencakup lima ruang lingkup yaitu Penyuapan, Pemerasan, Nepotisme, Gratifikasi, Nilai Anti Korupsi.
Sebelum pendataan lapangan yang akan dilaksanakan pada rentang 22 April - 22 Mei 2024, petugas survei yang diwakili oleh 2 orang peserta sebagai PML (Pengawas) dan 4 orang peserta sebagai PCL (Pencacah) dari BPS Kota Jakarta Barat mengikuti pelatihan SPAK yang diselenggarakan oleh BPS Provinsi Jakarta. Pelatihan dilakukan secara hybrid, yaitu pelatihan daring pada tanggal 17-18 April 2024 dan pelatihan luring pada tanggal 19 April 2024. Adapun pelatihan secara luring dilaksanakan di Hotel Novotel Jakarta Cikini.

SPAK akan mengukur pengalaman responden langsung terkait layanan publik yang diakses oleh sebagian besar masyarakat. Tujuan dilakukannya SPAK yaitu untuk mengukur penilaian, pengetahuan, perilaku, dan pengalaman individu terkait perilaku anti korupsi individu di Indonesia, selain itu tujuan lainnya adalah untuk mengukur sejauh mana budaya zero tolerance terhadap perilaku korupsi terinternalisasi dalam setiap individu khususnya terkait dengan pendidikan dan budaya antikorupsi.

Dengan dilaksanakannya pelatihan ini, diharapkan petugas lapangan SPAK dapat memahami konsep dan metodologi survei sehingga proses pendataan lapangan bisa berjalan dengan lancar.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Adm Jakarta Barat (BPS-Statistics of Jakarta Barat Municipality)Jl. Raya Kebayoran Lama No. 5A Sukabumi Selatan Kebun Jeruk Jakarta Barat 11550

Telp : (021) 25673776 Email : bps3174@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik